EN ID

23 Siswa Berprestasi Ikuti Pembekalan Siswa Mengenal Nusantara Provinsi D.I. Yogyakarta

08 Aug 2018

Kembali ke List


YOGYAKARTA - Sebanyak 20 Siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat serta 3 Siswa berkebutuhan khusus yang berasal dari 5 Kabupaten yang terpilih mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara 2018 asal Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapatkan  pembekalan selama 2 hari sejak tanggal 8-9 Agustus 2018 mengenai budaya, pendidikan, pariwisata serta BUMN sebelum diberangkatkan untuk mengikuti program selama 1 minggu ke Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan pembekalan dilaksanakan di Hotel Grand Dafam Rohan, Rabu (8/8) pagi dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarta, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, didampingi oleh BUMN PIC, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama dan 3 (tiga) BUMN Co-PIC: General Manager PT. Garuda Indonesia, Jubi Prasetyo; Group Head PKBL & CSR Indonesia Re, Fredi Aries Setiawan, dan Kepala Unit Pengembangan Bisnis dan Manajemen Proyek dari PT Kliring Berjangka Indonesia, Irawati.

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian program Kementerian BUMN yang mengusung tema “BUMN Hadir Untuk Negeri” dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin BUMN dan tahun ini telah mamasuki tahun ke-empat pelaksanaannya. PT Angkasa Pura I (Persero) bersama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), dan PT. Kliring Berjangka Indonesia (KBI) ditunjuk sebagai penanggung jawab untuk pelaksanaan program “BUMN Hadir Untuk Negeri” di Provinsi D.I Yogyakarta.

“Kami telah menyeleksi 20 siswa terbaik dari SMA dan SMK, serta 3 siswa dari Sekolah Luar Biasa dari 5 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi D.I Yogyakarta untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar selama lebih kurang 1 (satu) minggu di Provinsi kalimantan Tengah. Sebaliknya, siswa siswi terbaik dari Provinsi Kalimantan tengah akan diterbangkan ke Yogyakarta untuk mengenal keanekaragaman wisata dan budaya disini mulai tanggal 11 Agustus sampai dengan 20 Agustus 2018”, jelas Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

“Sebelum diberangkatkan, para siswa terpilih akan dibekali dengan berbagai pengetahuan seperti pengenalan terhadap Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pelatihan Jurnalistik, Pembuatan Foto dan Video (Vlog) untuk media sosial, serta latihan kesenian untuk menambah pengetahuan dan melatih keberanian peserta. Pembekalan yang akan dilakukan selama 2 hari ini, diharapkan dapat menempa para siswa  untuk menjadi duta yang mampu memperkenalkan kebudayaan Yogyakarta kepada daerah lainnya”, tambah Pandu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga D.I. Yogyakarta, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya mengapresiasi terlaksananya kegiatan Siswa Mengenal Nusantara di Provinsi D.I. Yogyakarta. “Program seperti ini cukup penting sebagai sarana memperkaya wawasan budaya dan wawasan pendidikan bagi siswa Yogyakarta, karena mereka akan mempelajari budaya di Provinsi lain sehingga mampu meningkatkan kecintaan kepada tanah air,” kata Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji

“Saya berharap program ini tetap terus terlaksana di tahun-tahun mendatang. Program ini penting karena para siswa dapat membantu memperkenalkan profil dan informasi tentang daerah D.I Yogyakarta ke teman sebaya dan masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah nanti. Kami berterima kasih kepada BUMN penyelenggara yang telah memfasilitasi siswa siswi Yogyakarta  untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita mereka melalui program Siswa Mengenal Nusantara, ” tambah Baskara.

Pembekalan Program Siswa Mengenal Nusantara diperuntukkan bagi 23 siswa siswi berprestasi yang telah dinyatakan lulus pada seleksi tingkat Provinsi yang telah diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2018 yang lalu. Untuk mengikuti program ini, kedua-puluh siswa terpilih telah melalui tiga tahapan seleksi. Tahap pertama adalah persyaratan administrasi, dimana selain prestasi akademik, program ini juga diperuntukkan bagi kalangan siswa siswi dari golongan menengah ke bawah. Tahapan kedua adalah seleksi tingkat Provinsi dengan metode tes tertulis dan wawancara yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi D.I. Yogyakarta dengan BUMN PIC dan Co.PIC. Pembekalan Program Siswa mengenal Nusantara berlangsung pada tanggal 8-9 Agustus 2018 di Hotel Grand Dafam Rohan Yogyakarta. [AD]

Keatas