EN ID

ACI Anugerahkan Penghargaan Kelas Dunia untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

18 Oct 2017

Kembali ke List


Port Louis, Mauritius - Airports Council International (ACI) menyerahkan penghargaan prestisius tingkat dunia - Airport Service Quality (ASQ) Awards 2016 - untuk dua bandara PT Angkasa Pura I (Persero), yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Penganugerahan penghargaan ini dilakukan oleh Director General ACI Angela Gittens kepada Direktur Utama Angkasa Pura Airports Danang S. Baskoro pada kegiatan “27th Airport Council International Africa/World: Annual General Assembly Conference & Exhibition” di Port Louis, Mauritius, Rabu (18/10/2017).  

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil meraih gelar "The 3rd World Best Airport 2016" untuk kategori bandara dengan 15-25 juta penumpang per tahun, sedangkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menjadi "The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2016" dalam ajang ASQ Awards 2016. ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. ASQ Award 2016 ini merupakan hasil survei yang dilakukan ACI terhadap 600 ribu penumpang di bandara dalam 41 bahasa di 84 negara sepanjang tahun 2016 lalu. Survei ini mengukur pandangan penumpang terhadap 34 indikator kinerja utama, antara lain akses bandara, check-in, security screening, toilet, serta toko dan restoran di bandara. Survei ini dilakukan sama persis di setiap bandara, sehingga memungkinkan setiap bandara membandingkan dirinya dengan bandara lain di seluruh dunia dan bagaimana best practice para operator bandara kelas dunia.

“Pengakuan ini merupakan bukti nyata atas kerja keras yang terus kami lakukan. Kami fokus untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada para penguna jasa bandara dan menciptakan budaya pelayanan secara terus menerus sebagai keunggulan kompetitif perusahaan,” ujar Danang S. Baskoro. 

"Bandara memainkan peran penting dalam perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat di tingkat negara, regional, dan dunia pada umumnya. Kita harus menyusun strategi untuk pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat,” ucap Angela Gittens. "Bandara-bandara ini telah mendedikasikan diri untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. ACI dengan bangga mengakui pencapaian ini dan kami berharap dapat mencari cara yang lebih efektif, efisien, dan menguntungkan dalam melayani perjalanan udara masyarakat,” imbuhnya. [AH]

Keatas