EN ID

Angkasa Pura Airports Lepas 2000 Pemudik pada Program Mudik Bareng BUMN 2018

11 Jun 2018

Kembali ke List


whoJAKARTA - Angkasa Pura Airports melakukan pelepasan 2000 pemudik yang menuju Semarang, Solo, dan Yogyakarta dalam Program "Mudik Bareng BUMN 2018". Pelepasan pemu​​​dik ini dilakukan oleh Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi dan disaksikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso, Senin (11/6) di Kemayoran.

"Sebagai bentuk sinergi BUMN dalam mendukung program sosial pemerintah pada bulan Ramadan ini dan untuk mengurangi kemacetan serta potensi kecelakaan pada masa arus mudik Lebaran 2018, Angkasa Pura Airports menyelenggarakan kegiatan mudik gratis bagi 2000 pemudik," kata Faik Fahmi.

Kegiatan "Mudik Bareng BUMN 2018" secara gratis untuk 2.000 pemudik ini melayani rute jalur darat Jakarta-Semarang (via jalur utara), Jakarta-Solo (jalur utara), dan Jakarta-Yogyakarta (jalur selatan). Pemudik diberangkatkan menggunakan bus sebanyak 50 armada dan dibagi dalam dua tahap pemberangkatan yaitu pada 9 dan 11 Juni 2018. Pemberangkatan pertama pada Sabtu (9/6) dilepas oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Ancol bersama dengan BUMN-BUMN lainnya. Sedangkan pemberangkatan kedua dilakukan pada Senin (11/6) ini dan dilepas oleh Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi. 

Sebagai informasi, pendaftaran program mudik gratis ini sudah dimulai sejak 23 April dan ditutup 25 Mei 2018 lalu."Meskipun pendaftaran dibuka dari tanggal 23 April hingga 25 Mei 2018, kurang lebih satu bulan, namun dalam waktu kurang dari satu minggu kuota sudah terpenuhi. Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini saya ingin sekali mengucapkan terima kasih sebesar–besarnya dan mengapresiasi antusiasme serta semangat masyarakat untuk mendukung misi pemerintah dengan berpartisipasi dalam program Mudik Bareng BUMN ini," kata Faik Fahmi.

Program mudik gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat umum. Angkasa Pura Airports menyediakan 50 bus kelas executive dengan standar aman dan layak jalan. Bus ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti TV, karaoke, musik, AC, konsumsi snack, obat-obatan, t-shirt, topi, souvenir, dan toilet. Calon pemudik juga nanti akan diproteksi oleh asuransi jiwa untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan calon pemudik selama perjalanan sampai ke kampung halaman. 

Partisipasi Angkasa Pura Airports pada Program "Mudik Bareng BUMN 2018" ini merupakan yang pertama kali. Pelaksanaan “Mudik Bareng BUMN 2018" ini merupakan penyelenggaraan yang ke-empat kalinya oleh Kementerian BUMN dengan melibatkan 62 BUMN dengan 177 kota tujuan baik di wilayah barat maupun wilayah timur Indonesia.

Adapun jumlah pemudik yang ikut dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 tercatat meningkat menjadi 206.209 pemudik atau naik 74,43% dari tahun sebelumnya sebanyak 118.220 pemudik. Sementara kota tujuan pun bertambah menjadi 108 kota tujuan dari sebelumnya 84 kota tujuan di 2017.

"Selamat melakukan perjalanan mudik. Semoga selamat sampai tempat tujuan dan kembali lagi dengan kondisi sehat walafiat. Bagi para pemudik dihimbau untuk selalu menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan dengan mematuhi peraturan transportasi yang berlaku," ujar Faik Fahmi. [AD]

Keatas