EN ID

Angkasa Pura Airports Pertahankan Peringkat Triple A dari Pefindo

10 Aug 2018

Kembali ke List


JAKARTA - Angkasa Pura Airports mempertahankan peringkat (rating) idAAA (Triple A) dari lembaga rating PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan outlook stabil untuk periode 7 Agustus 2018 sampai dengan 1 Agustus 2019. 

Selain itu, Pefindo juga menetapkan kembali peringkat idAAA terhadap Obligasi I Angkasa Pura Airports Seri A, Seri B, Seri C tahun 2016 senilai Rp 2,5 triliun dan peringkat idAAA(sy) terhadap Sukuk Ijarah I Angkasa Pura Airports Seri A, Seri B, Seri C Tahun 2016 senilai Rp 500 miliar untuk periode yang sama dengan periode rating secara korporasi, yaitu 7 Agustus 2018 hingga 1 Agustus 2019.

Peringkat tersebut diberikan Pefindo berdasarkan data dan informasi dari perusahaan serta Laporan Keuangan Tidak Diaudit per 30 Juni 2018 dan Laporan Keuangan Audit per 31 Desember 2017. 

Seperti diketahui, idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo. Peringkat ini menunjukkan kemampuan penerbit obligasi (obligor) yang superior dalam memenuhi komitmen jangka panjangnya.

Direktur Keuangan Angkasa Pura Airports Novrihandri mengatakan bahwa peringkat tertinggi obligasi Angkasa Pura Airports yang diberikan dalam rangka pemantauan tahunan itu menggambarkan secara singkat menariknya obligasi Angkasa Pura Airports bagi investor. 

"Peringkat ini juga menunjukkan bahwa risiko gagal bayar perusahaan yang sangat rendah, sehingga dapat memberikan gambaran kepada calon investor bahwa obligasi yang dikeluarkan Angkasa Pura Airports ini memiliki prospek yang baik sebagai instrumen investasi," ungkap Novrihandri. 

Selain itu, peringkat-peringkat tersebut mencerminkan dukungan pemerintah yang kuat kepada Angkasa Pura Airports karena peran strategis bandara, keunggulan kompetitif yang kuat dari ekonomi wilayah yang dilayani, dan marjin profitabilitas yang stabil. Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh leverage keuangan yang tinggi dalam jangka pendek ke menengah.

Sebagai informasi, dana yang diperoleh dari Obligasi dan Sukuk Ijarah ini setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi sejak awal perolehannya, sekitar 75% digunakan Angkasa Pura Airports untuk mengembangkan lima bandaranya, yaitu Bandara Internasional Yogyakarta Baru, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Sisanya digunakan untuk investasi rutin. 

Tiga dari lima bandara tersebut; yaitu Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Yogyakarta Baru di Kulonprogo, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin; masuk ke dalam daftar proyek strategis nasional (PSN). Pada awal Juni 2018 lalu, Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang telah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Menyusul Bandara Internasional Baru Yogyakarta yang ditargetkan dapat mulai beroperasi pada April 2019 dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada November 2019. [DR]

Keatas