EN ID

Angkasa Pura Airports Raih Predikat “Sangat Bagus” pada Ajang Infobank BUMN Awards 2017

12 Oct 2017

Kembali ke List


YOGYAKARTA - Angkasa Pura Airports raih penghargaan sebagai BUMN dengan predikat “Sangat Bagus” atas kinerja keuangan selama tahun 2016 untuk kategori Bandar Udara pada acara Infobank BUMN Awards 2017 di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. Piagam penghargaan Infobank BUMN Awards 2017 diserahkan oleh Direktur Utama Infobank Institute, Rully Ferdian yang diterima langsung oleh Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Angkasa Pura Airports, Novrihandri.

“Ini menjadi salah satu bukti nyata atas kinerja Angkasa Pura Airports yang terus tumbuh. Pertumbuhan yang konsisten ini, lebih jauh, diharapkan dapat membantu mendorong pertumbuhan perekonomian daerah tengah dan timur Indonesia. Sebagai pengelola bandara udara yang merupakan enabler pertumbuhan ekonomi wilayah, kami berkomitmen untuk mendorong berbagai inisiatif, khususnya di bidang pariwisata, untuk dapat mendorong pertumbuhan trafik penumpang, barang, dan jasa ke wilayah tertentu sehingga memicu aktivitas perekonomian daerah yang berujung pada pertumbuhan perekonomian wilayah,” tegas Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Angkasa Pura Airports Novrihandri.

Di tahun 2016 lalu, Angkasa Pura Airports  membukukan pertumbuhan penumpang dan laba double digit. Selama 2016, perusahaan melayani sebanyak 84,7 juta penumpang, atau masih mampu tumbuh double digit sebesar 14,3 persen dibandingkan tahun 2015. Selain itu, trafik pesawat tercatat 762 ribu pergerakan atau naik 8,8% dibandingkan tahun lalu, serta kargo sebanyak 362,5 ribu ton atau meningkat 11,4%.

Peningkatan penumpang tersebut berdampak pada pendapatan yang juga tumbuh double digit. Pada tahun buku 2016, Angkasa Pura Airports berhasil meraup laba bersih Rp 1,1 triliun, meningkat 34% jika dibandingkan tahun 2015. Selain itu, pendapatan operasional kita mencapai Rp 6,1 triliun, meningkat 18% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari total pendapatan tersebut, sebesar Rp 3,6 triliun atau 59%-nya  berasal dari bisnis aeronautika, dan Rp 2,5 triliun atau 41%-nya berasal dari bisnis non-aeronautika.

Penghargaan Infobank BUMN Awards 2017 diberikan kepada 56 BUMN yang dinilai memiliki kinerja keuangan dengan predikat “sangat bagus” selama tahun 2015-2016. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan rating yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank terhadap 166 BUMN.

Infobank BUMN Awards 2017 sendiri merupakan agenda pemberian penghargaan tahunan yang dilakukan oleh Majalah Infobank. Tahun 2017 menjadi tahun ke-8 Infobank dalam memberikan apresiasi kepada BUMN yang mampi meraih kinerja terbaik. [AD]

Keatas