EN ID

HUT Bersama BUMN: PT Angkasa Pura I (Persero) Salurkan Dana CSR Rp. 1,29 Miliar Untuk Wilayah D.I Yogyakarta & Jawa Tengah

22 Apr 2017

Kembali ke List


Magelang, 22 April 2017 - Momentum perayaan HUT Bersama BUMN periode Februari-April 2017 yang berlangsung di Prambanan & Magelang pada 21-22 April 2017 dijadikan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) untuk menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan/corporate social responsibility guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan perekonomian desa dengan total Rp. 1,29 M di wilayah D.I Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Dari jumlah tersebut sebanyak Rp. 292,6 juta akan diberikan berupa pelatihan satpam/petugas keamaan kepada warga di 5 desa (Desa Palihan, Desa Kebonrejo, Desa Glagahsari, Desa Jangkaran & Desa Sindutan)  yang terdampak pembangunan bandara di Kulonprogo dengan total 80 warga. Hingga saat ini telah terdaftar 58 warga yang akan diberikan pelatihan. Sedangkan sebanyak Rp. 1 miliar akan digunakan untuk pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Bigaran, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Disaksikan oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno, bantuan CSR untuk wilayah D.I Yogyakarta diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S. Baskoro kepada Martin Agung Pamungkas perwakilan peserta pelatihan Satpam/petugas keamanan dari desa terdampak pembangunan bandara Kulonprogo pada jumat malam (21/4) di Prambanan. Sedangkan bantuan CSR untuk wilayah Jawa Tengah diterima oleh Kepala Desa Binggaran Roh Saifudin Zuhri pada sabtu pagi (22/4) di Borobudur.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S. Baskoro mengatakan penyaluran dana CSR ini merupakan salah satu komitmen Angkasa Pura I dalam pelatihan & pengembangan  sumber daya manusia kepada warga di 5 desa yang terdampak pembangunan bandara di Kulonprogo dan juga untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga desa Bigaran di Kabupaten Magelang.

“Kami berharap dana CSR yang kami salurkan pada momentum perayaan HUT Bersama BUMN ini dapat membantu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah D.I Yogyakarta & Jawa Tengah,” ujar Danang S. Baskoro.

HUT Bersama BUMN

Menteri BUMN Rini M. Soemarno dalam sambutannya pada HUT Bersama BUMN di Magelang mengatakan perusahaan-perusahaan milik negara bisa menjadi sarana untuk mengeksplor potensi di berbagai sektor ekonomi di Indonesia. Tujuannya, yakni menjadikan menggerakkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara kuat dan digdaya.

“Saya sangat bangga melihat BUMN yang makin erat kekeluargaannya. Semoga keluarga BUMN dapat terus memberikan yang terbaik bagi Indonesia terutama untuk masyarakat desa agar kualitas kehidupan mereka pun bisa meningkat,” ujar Rini M. Soemarno di Magelang, Sabtu (22/4).

Total penyaluran dana CSR pada HUT Bersama BUMN di wilayah D.I Yogyakarta yaitu sebesar Rp. 13 miliar sedangkan untuk wilayah Jawa Tengah sebesar Rp. 36 miliar Adapun, secara keseluruhan, BUMN secara bersinergi telah menyalurkan dana CSR melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) senilai lebih dari Rp3,5 triliun pada 2016. "Tahun ini, kami menargetkan dana PKBL bisa mencapai Rp5 triliun untuk kian meningkatkan partisipasi nyata BUMN bagi negeri," jelas Rini.

Rini mengungkapkan ke depannya BUMN akan terus bersinergi dan hadir di tengah masyarakat Indonesia. “Untuk itu, kami akan terus membangun semangat BUMN Hadir untuk negeri untuk menjadikan Indonesia menjadi negara digdaya,” jelas Rini.

Penyerahan bantuan CSR ini menjadi bagian dari HUT Bersama BUMN periode Februari-April 2017. Selain PT Angkasa Pura I (Persero) yang berulang tahun pada 20 Februari lalu, perusahaan-perusahaan yang berulang tahun pada periode tersebut antara lain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Perum Jasa Tirta 1, PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk., PT Bukit Asam (Persero) Tbk., PT Hutama Karya (Persero), PT Indah Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Kawasan Industri Makassar (Persero), dan PT Nindya Karya (Persero).

Selain itu, BUMN yang juga ikut berulang tahun pada periode tersebut adalah Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., PT Yodya Karya (Persero), PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Pindad (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Taspen (Persero). [AD]

 

Keatas