EN ID

Subsidiary & Joint Venture

PENDIRIAN ANAK USAHA DITUJUKAN UNTUK MENINGKATKAN PORSI PENDAPATAN NON-AERONAUTIKA PERUSAHAAN

Anak usaha Angkasa Pura Airports ini bergerak di bidang perhotelan, lounge, dan restoran . Saat ini APH mengoperasikan Ibis Budget Surabaya Airport (IBSA) di Bandara Juanda Surabaya, Ibis Budget Makassar Airport (IBMA) di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, serta Novotel Bali Airport di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Selain itu, APH bersama Cardig Aero Services (CAS) membentuk perusahaan penyediaan jasa boga penerbangan (inflight catering) bernama Kulinair. APH juga mengelola lounge di beberapa bandara.

Link: www.aph.co.id

Anak usaha Angkasa Pura Airports ini bergerak dalam bidang warehousing, total baggage solution, regulated agents, distribution center, dan freight forwarding. Berdiri sejak 2012, APLog saat ini memiliki kantor cabang di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Manado, Kupang, Ambon, dan Biak. Visi APLog adalah menjadi perusahaan logistik terpadu dan terpercaya di Indonesia.

Link: www.aplog.co

Anak usaha Angkasa Pura Airports ini bergerak di bidang usaha pembangunan, perdagangan dan jasa khususnya real estate, pengembangan, jasa keagenan, distribusi dan bidang konstruksi serta bidang lainnya. Angkasa Pura Airports sebagai perusahaan induk memercayakan Angkasa Pura Property untuk mengembangkan lahan-lahan milik Angkasa Pura Airports yang masih belum produktif, baik di dalam dan atau di luar area bandara serta untuk dapat meningkatkan pendapatan non-aero dan mencapai realisasi “airport city”.

Link: www.angkasapuraproperti.co.id

Anak usaha Angkasa Pura Airports ini bergerak di bidang jasa, pembangunan, pengangkutan darat, perbengkelan, percetakan, dan perdagangan. Angkasa Pura Supports membidik segmen pasar yang bersifat korporat, terutama yang bersifat mendukung atau men-support kebutuhan perusahaan induk dalam memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang ataupun pengunjung bandara di Indonesia.

Link: www.angkasapura-supports.com

Anak usaha Angkasa Pura Airports ini bergerak di bidang usaha penjualan dan pemasaran, dengan usaha penjualan berbentuk duty free, duty paid, serta food & beverage, sedangkan untuk jasa pemasaran berupa komunikasi pemasaran, desain grafis, media placement & buying, dan event activation.

Link: www.angkasapuraretail.com

PT Gapura Angkasa adalah perusahaan patungan yang didirikan oleh tiga BUMN, yaitu PT Garuda Indonesia (Persero), Angkasa Pura Airports, dan PT Angkasa Pura II (Persero). Didirikan tahun 1998 sebagai penyedia jasa ground handling bagi maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia, meliputi kargo dan pergudangan, penumpang dan penanganan bagasi, operasi penerbangan dan servis pesawat udara, serta kegiatan usaha lainnya yang dapat menunjang usaha penerbangan di wilayah kerja Angkasa Pura Airports dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Investasi dalam saham pada PT Jasa Marga Bali Tol merupakan konsorsium investasi pembangunan jalan tol Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa di daerah Bali oleh beberapa perusahaan BUMN. Investasi ini telah mendapat persetujuan dari Menteri Negara BUMN dalam surat S-549/MBU/2011 tanggal 25 Oktober 2011. Sesuai akta pernyataan keputusan rapat PT Jasa Marga Bali Tol nomor: 01. tanggal 11 Desember 2013 yang dibuat dihadapan Notaris Paulina Siti Suprimulyanti Endah Putri, Angkasa Pura Airports memiliki 59.635 lembar saham atau sebesar Rp59.635.000 dan tambahan modal disetor lainnya sebesar Rp14.908.400 dengan jumlah kepemilikan sebesar 8%.

Yakkap I merupakan yayasan di bidang sosial dan kemanusiaan yang didirikan oleh Angkasa Pura Airports untuk meningkatkan kesejahteraan peserta program tunjangan hari tua, program bantuan pemeliharaan kesehatan, dan program bantuan lainnya.

Link: www.yakkap.or.id

Dana Pensiun Angkasa Pura I (DAPENRA) merupakan program pensiun pegawai Angkasa Pura Airports sebagai bentuk imbalan pascakerja, sekaligus tanggung jawab sosial perusahaan kepada pegawai.

Link: www.dapenra.co.id

Keatas