EN ID

Upaya Pelarian Dua Orang Terduga Pelaku Pencurian di Ambon Berhasil Digagalkan Personel Aviation Security Bandara Pattimura

20 Jan 2018

Kembali ke List


Ambon, 20 Januari 2018 - Manajemen Angkasa Pura Airports mengapresiasi koordinasi dan komunikasi yang baik antara Kepolisian Daerah Maluku serta tim AVSEC Bandara Pattimura Ambon yang dengan sigap serta berhasil menggagalkan upaya pelarian terduga pencurian uang yang terjadi di daerah Ambon kurang dari 24 jam dari informasi yang diterima.

Angkasa Pura Airports Kantor Cabang Bandara Pattimura Ambon berhasil menggagalkan pelarian 2 (dua) orang terduga kasus pencurian uang senilai Rp. 850.000.000,- (delapan ratus lima puluh juta rupiah) pada Jumat, 19 Januari 2018 pada pukul 09.40 WIT. Informasi mengenai peristiwa tersebut disampaikan oleh Kepolisian Daerah Maluku kepada Bandara Pattimura Ambon pada Kamis, 18 Januari 2018.

"Menerima informasi dari Kepolisian mengenai kasus pencurian tersebut, kami langsung memperketat pengamanan dan melakukan profiling kepada calon penumpang serta barang bawaan di Bandara Pattimura untuk mencegah terduga pelaku pencurian melarikan diri melalui bandara," ujar General Manager Bandara Pattimura Ambon, Amiruddin Florensius.

Antisipasi upaya pelarian terduga pelaku oleh tim Aviation Security (AVSEC) Bandara Pattimura membuahkan hasil. Dua orang terduga pelaku yang memenuhi profil yang disampaikan oleh Kepolisian Daerah Maluku melewati  Metal Detector pada Screening Check Point (SCP) 1 dan segera dilakukan pemeriksaan di tempat. Dari pemeriksaan tersebut didapati sejumlah uang pecahan Rp. 100.000,- (seratus ribu) senilai Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) yang diletakkan di saku celana kedua terduga.

Untuk memastikan kecurigaan petugas AVSEC di lapangan, dihadirkan personel Polsek Kawasan Bandara untuk mengidentifikasi terduga pelaku. "Pemeriksaan lanjutan kemudian dilakukan di posko AVSEC dimana identitas terduga pelaku berinisial AM (55 Tahun) dan JA (28 Tahun) berhasil dipastikan dan tiket kedua terduga pelaku dibatalkan. Kedua terduga pelaku tersebut segera dibawa pergi oleh personel Kepolisian Daerah Maluku bersama barang bukti setelah pemeriksaan selesai," jelas Amiruddin.

Rekonstruksi kejadian dilakukan di terminal Bandara Pattimura pada tanggal Sabtu, 20 Januari 2018 yang dihadiri perwakilan dari Angkasa Pura Airports, Kepolisian, dan TNI. "Kami berharap sinergi yang telah terjalin diantara instansi ini dapat terus membantu menjaga keselamatan dan keamanan calon penumpang dan penerbangan udara,” tambah Corporate Secretary Angkasa Pura Airports, Israwadi. [AD]

 

Keatas